fbpx
Menatap Masa Depan eCommerce di Indonesia

Wawasan Bisnis

Menatap Masa Depan eCommerce di Indonesia

Transaksi jual beli secara online di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat beberapa tahun terakhir ini. Dikutip dari e-Conomy SEA Report 2020, nilai transaksi jual beli pada situs eCommerce mencapai US$21 billion (sekitar Rp 299 triliun*) pada tahun 2019 dan meningkat ke nilai US$32 billion (sekitar Rp 456 triliun) pada tahun 2020. Sebuah angka yang signifikan dan […]

Cara Mudah dan Gratis Jualan Produk di Instagram

Pemasaran

Cara Mudah dan Gratis Jualan Produk di Instagram

Instagram menjadi sosial media yang populer di seluruh dunia dan juga di Indonesia karena penggunanya dari Indonesia sebesar 29.8% dari populasi di Indonesia atau sebesar 82.320.000 jiwa (berdasarkan data dari napoleoncat.com pada Januari 2021). Potensi penggunanya yang besar menjadi salah satu media promosi dan berjualan yang efektif karena bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Jualan […]

Bagaimana Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Konsumen?

Wawasan Bisnis

Bagaimana Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Konsumen?

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, setiap negara berupaya menghentikan laju penyebaran virus, termasuk Indonesia. Indonesia telah melakukan upaya dengan menerapkan beberapa kebijakan diantaranya pembatasan wilayah, pembatasan sosial, himbauan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan juga menjaga imunitas. Upaya tersebut secara berangsur-angsur berhasil mengurangi penyebaran virus. Di sisi lain, upaya tersebut […]

Cara Sukses Bisnis Kopi Kenangan dari Edward Tirtanata dan James Prananto

Inspirasi

Cara Sukses Bisnis Kopi Kenangan dari Edward Tirtanata dan J

Kopi Kenangan adalah salah satu brand minuman kopi buatan anak muda Indonesia. Di tangan Edward Tirtanata dan James Prananto selaku founder, Kopi Kenangan menjadi brand kopi populer dan telah dinikmati masyarakat luas. Sejak gerai pertamanya dibuka tahun 2017 hingga kini, Kopi Kenangan telah menjual 30 juta kopi di tahun 2020, memiliki 3.000 karyawan dan 400 […]

Pelajari Beberapa Cara Jualan agar dapat Keuntungan Berlipat

Tips Jualan

Pelajari Beberapa Cara Jualan agar dapat Keuntungan Berlipat

Berjualan merupakan salah satu usaha untuk mendapatkan keuntungan. Seringkali cara berjualan yang kita pakai kurang tepat sehingga mengalami kerugian atau kekurangan modal. padahal cara berjualan bisa dimulai tanpa modal, tanpa harus punya ruang penyimpanan produk atau tanpa harus membuat produk sendiri. Sebagai pemula kita perlu memilih cara jualan yang sesuai dengan kemampuan kita agar usaha […]

previous arrow
next arrow
visual-karsa-Pf2W5l5Kmds-unsplash

Tips Meningkatkan Omzet Usaha Bagi Pebisnis

Sebagai pebisnis, kita ingin omzet usaha kita terus meningkat dari waktu ke waktu. Omzet usaha yang naik tentunya bikin kita semangat dan happy. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan omzet bisnis? Yuk simak tips-nya. Rajin Promosi Agar orang lain tahu tentang produk kita, yuk rajin promosi. Kamu bisa aktif posting produk kamu di […]

pexels-andrea-piacquadio-3932225

5 Tips Marketing untuk Target Market Generasi Milenial

Siapa Generasi Milenial? Generasi Milenial atau Generasi Y adalah masyarakat yang lahir di tahun 1980-2021. Di tahun 2021 ini usia mereka berada dalam rentang 25-41 tahun. Generasi ini termasuk kelompok usia produktif yang bekerja dan berwirausaha. Dari sumber katadata.co.id, populasi Milenial sebesar 25,87% atau sejumlah 70 juta jiwa dengan jumlah generasi Milenial berada di urutan […]

amy-hirschi-W7aXY5F2pBo-unsplash

6 Tips Marketing yang Efektif untuk Target Market Generasi Boomers

Siapakah Boomers? Boomers adalah sebutan untuk generasi yang lahir 1946-1964, di tahun 2021 ini mereka berusia dalam rentang 57 – 75 tahun. Boomers lahir sebelum teknologi sepesat saat ini. Mereka mendapatkan informasi melalui TV, radio, majalah dan koran. Mereka juga senang berbelanja langsung ke toko fisik. Untuk pembelanjaan di bawah Rp 100.000, mereka cenderung memilih […]

jakarta city night

Menatap Masa Depan eCommerce di Indonesia

Transaksi jual beli secara online di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat beberapa tahun terakhir ini. Dikutip dari e-Conomy SEA Report 2020, nilai transaksi jual beli pada situs eCommerce mencapai US$21 billion (sekitar Rp 299 triliun*) pada tahun 2019 dan meningkat ke nilai US$32 billion (sekitar Rp 456 triliun) pada tahun 2020. Sebuah angka yang signifikan dan […]

maxim-ilyahov-0aRycsfH57A-unsplash

Cara Cek Online Shop Penipu Lewat Nomor Rekening atau Nomor Handphone

Seiring meningkatnya transaksi belanja secara online, meningkat pula penipuan online yang terjadi. Berbagai modus dilakukan oleh penipu melakukan aksinya. Penipuan online dapat terjadi di berbagai platform seperti WhatsApp, Instagram, SMS, Facebook, website yang tidak resmi dan masih banyak lagi. Berbagai macam penipuan terjadi mulai dari barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, pesanan sudah dibayar tapi […]

44604488_252716232070630_7399497043871499995_n

Tips Memulai Bisnis Fashion dari Atina Founder Vanilla Hijab

Para perempuan berhijab pasti tidak asing dengan Brand Vanilla Hijab. Brand yang didirikan oleh Atina Maulina ini menjadi pilihan andalan setiap perempuan dalam berbusana muslimah yang fashionable. Hijab dan baju dengan warna pastel yang manis dan simple menjadi ciri khas brand Vanilla Hijab. Setiap bulannya ribuan hijab dan baju diproduksi oleh Vanilla Hijab selalu terjual […]

40161981093_9eb29dbdfc_c

Berbisnis Efektif Menggunakan WhatsApp Business untuk Meningkatkan Penjualan

Kepopuleran aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi peluang bagi pebisnis terutama UMKM untuk meningkatkan penjualan dan marketing produk mereka. Aplikasi WhatsApp telah di-install oleh 5 miliar pengguna dan menempati peringkat 1 di playstore. Pada tahun 2018 WhatsApp meluncurkan aplikasi baru yaitu WhatsApp Business yang ditujukan untuk pebisnis yang ingin memanfaatkan kepopuleran dan potensi dari pengguna aplikasi […]

lukas-blazek-mcSDtbWXUZU-unsplash

Tips Jualan Laris di Facebook Marketplace Gratis

Kita sudah memasuki era digital dimana sebagian besar pebisnis sudah menjual produk melalui platform online kepada pelanggannya. Tentu saja ini kabar baik! berarti semakin banyak pelanggan sudah mulai merasa nyaman dan percaya untuk berbelanja secara online. Di sisi lain sebagai pebisnis kita memiliki banyak pesaing. Untuk bisa bersaing dengan banyaknya pebisnis online, perlu mencoba berbagai […]

firmbee-com-jrh5lAq-mIs-unsplash (1)

4 Strategi Marketing di Instagram yang Wajib Kamu Ketahui

Aktivitas marketing atau pemasaran pada sebuah bisnis adalah keharusan dan merupakan aktivitas berkelanjutan sepanjang bisnis tersebut masih berjalan. Sebagus apapun produkmu, jika tidak melakukan marketing, orang tidak akan tahu produkmu, apa keunggulannya, cara menggunakannya dan bagaimana membelinya. Strategi marketing di Instagram salah satu cara untuk memasarkan produk dan bisnis. Dari situs omnicoreagency.com, sebanyak 200 juta […]

georgia-de-lotz--UsJoNxLaNo-unsplash

Cara Mudah dan Gratis Jualan Produk di Instagram

Instagram menjadi sosial media yang populer di seluruh dunia dan juga di Indonesia karena penggunanya dari Indonesia sebesar 29.8% dari populasi di Indonesia atau sebesar 82.320.000 jiwa (berdasarkan data dari napoleoncat.com pada Januari 2021). Potensi penggunanya yang besar menjadi salah satu media promosi dan berjualan yang efektif karena bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Jualan […]

daniel-tseng-W9kq9suABY4-unsplash

Ide dan Tips Bisnis Rumahan yang Menyehatkan

Memulai bisnis saat ini lebih mudah karena bisa langsung memulainya dari rumah sehingga bisa menghemat biaya sewa tempat untuk operasional. Apalagi sekarang tidak sulit menjangkau masyarakat luas karena sudah ada internet dan beragam aplikasi yang membuat banyak orang mengetahui bisnis kita walau bukan bertempat di lokasi strategis. Bisnis rumahan yang menyehatkan bisa menjadi salah satu […]

pexels-liza-summer-6347535

Bagaimana Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Konsumen?

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, setiap negara berupaya menghentikan laju penyebaran virus, termasuk Indonesia. Indonesia telah melakukan upaya dengan menerapkan beberapa kebijakan diantaranya pembatasan wilayah, pembatasan sosial, himbauan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan juga menjaga imunitas. Upaya tersebut secara berangsur-angsur berhasil mengurangi penyebaran virus. Di sisi lain, upaya tersebut […]

033741900_1577685398-Kopi_kenangan2

Cara Sukses Bisnis Kopi Kenangan dari Edward Tirtanata dan James Prananto

Kopi Kenangan adalah salah satu brand minuman kopi buatan anak muda Indonesia. Di tangan Edward Tirtanata dan James Prananto selaku founder, Kopi Kenangan menjadi brand kopi populer dan telah dinikmati masyarakat luas. Sejak gerai pertamanya dibuka tahun 2017 hingga kini, Kopi Kenangan telah menjual 30 juta kopi di tahun 2020, memiliki 3.000 karyawan dan 400 […]

alexander-mils-lCPhGxs7pww-unsplash

Manisnya Bisnis Jastip, Bisa Dapat Keuntungan Bersih Belasan Juta dalam Sebulan

Masyarakat yang ingin membeli sesuatu tapi terhalang jarak atau waktu biasa menggunakan layanan jastip (jasa titip) dimana pelaku jastip menawarkan barang pilihan atau barang dari toko pilihan. Setelah itu masyarakat bisa titip untuk dibelikan barang tersebut dan pelaku jastip mendapatkan keuntungan dari setiap harga barang tersebut. Biasanya pelanggan jastip adalah orang-orang yang tidak dapat membeli […]

louis-hansel-restaurant-photographer-qbC9hh0aRiY-unsplash

Ide Jualan yang Laris saat Pandemi

Pandemi membuat kita harus membatasi interaksi dengan orang lain, membuat ruang gerak menjadi terhambat dan tidak lagi sebebas sebelumnya. Muncul kejenuhan, stres dan berbagai kekhawatiran. Walau dalam kondisi sulit dan serba terbatas, kita harus tetap produktif. Di rumah saja pun bisa menghasilkan uang. Salah satu aktivitas yang bisa menjadi pilihan untuk tetap produktif adalah berjualan. […]

online shopping

Mengenal Tiga Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita melihat terjadinya perubahan perilaku konsumen dari offline ke online. Saat ini teknologi informasi sudah menyentuh banyak aspek dalam kehidupan kita. Kita dengan mudah dapat berbelanja secara online di marketplace, memesan makan siang lewat aplikasi pesan antar makanan, hingga berdonasi lewat aplikasi penggalangan dana. Pembayaran yang tersedia saat ini juga […]

beragam cara berdagang

Pelajari Beberapa Cara Jualan agar dapat Keuntungan Berlipat

Berjualan merupakan salah satu usaha untuk mendapatkan keuntungan. Seringkali cara berjualan yang kita pakai kurang tepat sehingga mengalami kerugian atau kekurangan modal. padahal cara berjualan bisa dimulai tanpa modal, tanpa harus punya ruang penyimpanan produk atau tanpa harus membuat produk sendiri. Sebagai pemula kita perlu memilih cara jualan yang sesuai dengan kemampuan kita agar usaha […]

tips-mengenali-akun-penjual-online-shop-penipu-di-instagram

Tips Mengenali Akun Penjual Online Shop Penipu di Instagram

Instagram kini menjadi salah satu platform pilihan masyarakat dalam mencari dan membeli produk karena aksesnya yang mudah dan pilihannya beragam. Biasanya masyarakat tertarik berbelanja pada akun online shop Instagram yang memiliki gambar produk yang bagus, perbedaan harga yang lebih murah, memiliki ribuan pengikut (followers) serta highlight story berisi testimoni para pembeli. Tak jarang masyarakat tertipu […]