4 Strategi Marketing di Instagram yang Wajib Kamu Ketahui
Post by rifda,
Aktivitas marketing atau pemasaran pada sebuah bisnis adalah keharusan dan merupakan aktivitas berkelanjutan sepanjang bisnis tersebut masih berjalan. Sebagus apapun produkmu, jika tidak melakukan marketing, orang tidak akan tahu produkmu, apa keunggulannya, cara menggunakannya dan bagaimana membelinya.
Strategi marketing di Instagram salah satu cara untuk memasarkan produk dan bisnis. Dari situs omnicoreagency.com, sebanyak 200 juta akun Instagram Bisnis telah memasarkan produk dan bisnis mereka. Tentunya persaingan semakin ketat. Untuk itu sebelum memulai melakukan marketing di Instagram baiknya kamu pelajari 4 hal berikut ini:
1. Tentukan tujuan melakukan strategi marketing untuk bisnismu
Dalam melakukan strategi marketing kita perlu menentukan tujuan yang ingin dicapai. Dengan begitu, hal yang perlu dilakukan akan lebih terarah.
Tujuan strategi marketing berbeda setiap bisnis tergantung dari jenisnya. Ada yang bertujuan dari sisi brand yaitu ingin meningkatkan brand awareness dan membangun komunitas. Dari sisi penjualan ingin menjangkau pengguna yang lebih luas, menambah pelanggan baru, meningkatkan traffic pengunjung dan masih banyak tujuan lainnya.
Tentukan tujuan besarmu lalu kemudian petakan menjadi tujuan yang lebih kecil agar mudah tercapai. Menentukan tujuan juga bisa menjadi bagian evaluasimu terhadap strategi marketing yang sedang kamu jalani apakah berhasil atau tidak.
2. Lakukan riset kata kunci (keyword) yang sesuai dengan bisnis dan produkmu
Dalam strategi marketing di Instagram, keyword akan dipakai berupa hashtag pada kiriman (post feed). Hashtag inilah yang biasanya digunakan pengguna untuk mencari sesuatu yang mereka inginkan.
Caranya kamu bisa melakukan riset keyword di beberapa aplikasi tools pencari keyword seperti Google Keyword Planner, Uber Suggest, Semrush, KWFinder atau riset hashtag yang dipakai kompetitormu.
Setelah kamu memiliki beberapa alternatif keyword, kamu perlu mengetahui kepopuleran keyword dengan memeriksanya di Instagram langsung pada menu pencarian pilih tab “Tags” nanti akan tampil hasil pencarian hashtag beserta jumlah pemakaian hashtag, seperti gambar berikut
Keyword yang tepat akan mempertemukan bisnismu kepada pelanggan yang tepat.
3. Tentukan target market dari produk kamu
Kita tidak bisa menjadikan seluruh orang di dunia ini menjadi target market kita karena terlalu luas dan pendekatan strategi marketing pada setiap kelompok orang berbeda. Untuk bisnis baru akan lebih efektif jika fokus pada target market tertentu. Menentukan target market bisa berdasarkan jenis kelamin, umur, lokasi, ketertarikan, motivasi atau penghasilan.
Untuk memulainya kamu bisa memantau melalui hashtag yang berhubungan dengan bisnismu, kemudian lihat profil pengguna yang terkait pada hashtag tersebut, kita dapat mengetahui jenis kelamin dan perkiraan usianya. Data tersebut bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan target market pada bisnismu. Cara lainnya yaitu lihat profil dari followers kompetitor.
Jika kamu sudah memiliki kriteria target market bisnismu gunakan kriteria tersebut untuk melakukan pendekatan komunikasi kepada target marketmu seperti menentukan panggilan yang cocok untuk menyapa mereka, bahasa yang dipakai untuk membuat caption, tema konten atau dapat digunakan untuk berinovasi produk selanjutnya.
4. Tiru strategi marketing yang dilakukan kompetitor
Meniru tidak selalu buruk selama kita tidak meniru keseluruhan atau meniru hak cipta kompetitor kita. Salah satu hal yang dibolehkan adalah meniru cara strategi marketing yang dilakukan kompetitor yang sudah lebih dulu berhasil.
Cari tahu pada akun Instagram kompetitor tentang tema apa yang mereka bagikan, tema konten apa yang banyak mendapatkan comment dan like dari pengguna dan seberapa sering mereka melakukan posting. Bisa menjadi gambaran untuk kita melakukan strategi marketing di Instagram.
Selain itu, cari tahu juga hal yang kurang atau belum dilakukan kompetitor. Kekurangan kompetitor bisa menjadi peluang untuk kita perbaiki dan lakukan agar strategi marketing yang kita lakukan lebih baik.
Itulah 4 strategi marketing yang wajib kamu praktikan sebagai dasar untuk memulai marketing di Instagram. Semoga bermanfaat ya!
Ikuti terus artikel dari Agrego Commerce hanya di https://agrego.id/blog
Photo by Firmbee.com on Unsplash