fbpx

6 Tips Marketing yang Efektif untuk Target Market Generasi Boomers

Post by rifda,

Siapakah Boomers?

Boomers adalah sebutan untuk generasi yang lahir 1946-1964, di tahun 2021 ini mereka berusia dalam rentang 57 – 75 tahun. Boomers lahir sebelum teknologi sepesat saat ini. Mereka mendapatkan informasi melalui TV, radio, majalah dan koran. Mereka juga senang berbelanja langsung ke toko fisik. Untuk pembelanjaan di bawah Rp 100.000, mereka cenderung memilih menggunakan cash (uang tunai).

Seiring berjalannya waktu, Boomers sudah bisa beradaptasi dengan teknologi secara perlahan dibantu oleh generasi muda yang mengajarkan mereka. 90% dari Boomers memiliki akun Facebook untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman lama, mereka juga mulai terbiasa memperoleh informasi dan berbelanja secara online.

Kenapa perlu menargetkan Boomers?

Jika kamu ingin memperluas pasar, jangan ragu untuk memasukan Boomers ke dalam target market jika memang produk tersebut sesuai dengan mereka. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan :

1. Daya beli kuat

Dilansir dari katadata.co.id, kelompok Boomers merupakan generasi yang paling banyak menduduki jabatan tertinggi dalam pekerjaan. Berdasarkan umur, mereka memiliki masa kerja yang lebih banyak sehingga dapat dikatakan akumulasi pendapatannya juga lebih besar. Karakteristik mereka yang pekerja keras menjadikan mereka memiliki daya beli yang kuat.

Kelompok Boomers bersedia mengeluarkan uang untuk belanja produk premium. Selain itu, mereka tidak terlalu tertarik dengan promosi.

2. Memiliki waktu untuk berbelanja

Kelompok Boomers adalah kelompok usia memasuki masa pensiun dan beberapa sudah pensiun sehingga mereka memiliki waktu yang luang untuk menikmati hidup dan berbelanja.

3. Pengguna smartphone

Dikutip dari fineryreport.com, Forbes melaporkan bahwa Boomers menggunakan smartphone mereka selama rata-rata lima jam per hari, tidak jauh berbeda dari Milenial yang menggunakan ponsel mereka selama rata-rata lima setengah jam atau lebih.

Tidak hanya durasi penggunaannya, penelitian dari Global Web Index (GWI) yang membandingkan Q3 2019 dan Q2 2020 melaporkan adanya peningkatan signifikan pada generasi X dan Boomers pada layanan online dalam penggunaan aplikasi sosial media, aplikasi keuangan, pembayaran online dan belanja kebutuhan sehari-hari.

Marketing yang Efektif untuk Generasi Boomers

1. Bangun kepercayaan

Meskipun Boomers memiliki daya beli yang kuat, mereka tidak mudah membuat keputusan pembelian hanya berdasarkan keinginan. Mereka suka mencari tahu tentang produk sebelum membelinya dengan menonton video atau membaca ulasan atau artikel yang menjelaskan produk tersebut.

Untuk memasarkan produk pada Boomer, pastikan memberikan semua informasi tentang produk serta manfaatnya. Produk yang ditawarkan juga harus sesuai dengan produk aslinya.

2. Buat copywriting yang sederhana dan ringkas

Pendekatan komunikasi untuk Boomers adalah penulisan yang ringkas dan jelas, tidak menggunakan bahasa gaul, fokus pada pesan yang ingin disampaikan serta dapat dibantu menggunakan bullet point. Dengan begitu informasi dapat lebih mudah diterima oleh Boomers.

3. Utamakan kemudahan

Situs web atau aplikasi mobile yang ingin menargetkan kelompok Baby Boomers disarankan memberikan kemudahan dan kejelasan. Contohnya adalah layout yang sederhana, penggunaan ukuran huruf dan button yang pas, pemilihan warna yang kontras serta situs web yang responsif. Hal tersebut menjadi kemudahan untuk mereka dalam mengakses web atau aplikasi di layar smartphone maupun desktop.

Tidak hanya kemudahan pada situs web atau aplikasi, sebaiknya proses alur aplikasi atau alur bisnis dibuat mudah untuk Boomers agar mereka merasa nyaman dan kembali lagi untuk menggunakan layanan bisnismu.

4. Pilih platform media sosial terbaik

Facebook merupakan media sosial yang disenangi oleh Boomers karena mereka bisa terhubung dengan kawan lama dan keluarga serta mendapatkan berbagai informasi. Selain itu Facebook memiliki fitur seperti foto dan video yang menarik sehingga mereka lebih mudah menerima informasi. Melakukan promosi secara organik atau berbayar di Facebook sangat baik untuk menargetkan kelompok ini.

Aplikasi pesan WhatsApp juga bisa menjadi salah satu platform komunikasi dengan Boomers seperti yang dilakukan Antam saat mengubah strategi pemasarannya, Dikutip dari Liputan6.com

5. Berikan layanan dan respon yang cepat

Boomers sebenarnya lebih suka belanja dengan saling berkomunikasi dua arah. Maka dari itu, fitur kirim pesan atau telepon dan respon yang cepat dari penjual sangat dibutuhkan untuk memberikan kesan nyaman dan aman kepada Boomers.

6. Berikan konten yang bermanfaat

Dari beberapa sumber, kelompok Boomers senang mencari berita dan mendapatkan informasi secara online karena menurut mereka lebih update. Ini adalah hal yang baik karena pemasaran bisa dimulai dengan memberikan konten yang bermanfaat bagi mereka.

Memberikan tema-tema terkait kesehatan, aktivitas yang produktif dan ringan, keuangan, gaya hidup, informasi rangkuman berita terkini atau hal yang menyenangkan.

Mereka suka dengan konten yang disajikan secara sederhana dan ringkas juga disertai gambar atau video. Jika kamu ingin memberikan konten dalam bentuk video, sebaiknya video tersebut dibuat format penjelasan yang lebih lambat dan detail serta sangat disarankan untuk menambahkan teks penjelasan karena 85% dari mereka menonton video tanpa menggunakan suara.

Peluang Bisnis dari Boomers?

Bisnis yang bertahan dengan baik adalah mereka yang menyediakan kebutuhan bagi target marketnya. Berikut ini beberapa rekomendasi peluang bisnis berdasarkan kebutuhan Boomers.

1. Produk Kesehatan

Di masa senja, biasanya Boomers sangat memperhatikan masalah kesehatan. Produk kesehatan menjadi peluang yang bagus untuk ditawarkan kepada mereka. Beberapa produk kesehatan seperti suplemen, produk makanan atau minuman sehat, asuransi kesehatan serta alat elektronik kesehatan.

2. Agen Perjalanan Wisata

Kelompok Boomers memiliki banyak waktu di masa pensiunnya. Mereka senang melakukan aktivitas berwisata. Dikutip dari Republika, berdasarkan survei yang dilakukan TripAdvisor, mereka bersedia mengeluarkan anggaran yang lebih besar dibanding milenial. Selain itu, mereka tidak tergoda dengan promosi. Dari survei tersebut mencatatkan bahwa kelompok ini menyukai wisata yang bertema kebudayaan dan secara umum wisatawan Asia lebih menyukai wisata yang sifatnya kesenangan dibandingkan bersantai.

3. Produk Lainnya

Dari berbagai sumber, kami merangkum beberapa produk yang biasanya dibutuhkan oleh Boomers diantaranya perkakas dan barang rumah tangga yang memudahkan aktivitas keluarga, produk yang berhubungan dengan hobi, layanan asisten rumah tangga, skincare atau kosmetik dan layanan edukasi persiapan masa pensiun. Produk berkaitan dengan investasi seperti emas atau properti juga bisa ditawarkan untuk Boomers.

Nantikan tips marketing untuk generasi X, Milenial dan Z. Semoga bermanfaat!


Terus ikuti artikel lainnya dari Agrego commerce di https://agrego.id/blog.

Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Referensi :

LEAVE A COMMENT