fbpx
40161981093_9eb29dbdfc_c

Berbisnis Efektif Menggunakan WhatsApp Business untuk Meningkatkan Penjualan

Post by rifda,

Kepopuleran aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi peluang bagi pebisnis terutama UMKM untuk meningkatkan penjualan dan marketing produk mereka. Aplikasi WhatsApp telah di-install oleh 5 miliar pengguna dan menempati peringkat 1 di playstore.

Pada tahun 2018 WhatsApp meluncurkan aplikasi baru yaitu WhatsApp Business yang ditujukan untuk pebisnis yang ingin memanfaatkan kepopuleran dan potensi dari pengguna aplikasi WhatsApp.

Hadirnya WhatsApp Business untuk para pebisnis memiliki potensi besar karena faktanya 67% pengguna lebih suka terhubung dengan bisnis melalui chat. Aplikasi pesan instant juga memiliki tingkat keterlibatan yang baik dengan pengguna, karena 98% pengguna pasti membuka dan membaca pesan yang mereka terima.

WhatsApp Business menjadi media yang efektif untuk berbisnis. Lalu bagaimana caranya?

Bagaimana Berbisnis menggunakan WhatsApp Business?

1. Lengkapi Informasi Bisnis

Bisnis yang sudah menggunakan fitur WhatsApp Business akan menampilkan informasi bisnis secara jelas berupa jam operasional, kategori bisnis, peta alamat, link website dan katalog produk. Bisnis yang jelas dan profesional akan lebih dipercayai pelanggan. Jangan lupa lengkapi informasi bisnismu sebelum memulai promosi.

2. Tampilkan produkmu pada fitur katalog

WhatsApp Business memudahkan para penjual untuk memiliki katalog sendiri yang ditampilkan berupa gambar, informasi harga, detail produk dan link pemesanan. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk yang dijual dan bisa memilihnya untuk masuk ke keranjang dan kemudian diproses oleh penjual.

Sayangnya WhatsApp Business belum cocok untuk pebisnis yang menjual barang yang banyak variannya karena menyulitkan pelanggan untuk mendapatkan produk yang diinginkan, belum ada pengaturan stok, belum ada fasilitas yang menghubungkan dengan pembayaran dan pengiriman secara langsung.

3. Kumpulkan kontak sebanyak-banyaknya

Berbeda dengan mendapatkan pengikut di Instagram, untuk mendapatkan kontak pelanggan di Whatsapp Business perlu melakukan promosi agar kontak bisnismu dapat ditemukan oleh pelanggan.

Promosi bisa dilakukan melalui Facebook, Google Business, kartu nama, website atau iklan. Yakinkan kepada calon pelanggan akan mendapatkan manfaat dari akun bisnismu.

Jika sudah banyak pelanggan yang menyimpan kontak bisnismu, akan lebih mudah juga untuk melakukan promosi melalui fitur status WhatsApp Business. Tapi perlu diingat tidak boleh berlebihan dan tidak boleh spam ya!

4. Promosikan bisnismu

Pada menu katalog dan menu informasi bisnis terdapat short link yang disediakan guna mempromosikan bisnismu kepada banyak orang di berbagai sosial media.

5. Responsif kepada pelanggan

Rata-rata pelanggan membutuhkan respon cepat dari penjual dalam waktu 5 menit. Terdapat fitur quick reply untuk memudahkan penjual menjawab pesan yang sering ditanyakan oleh pelanggan dan fitur pesan otomatis yang dapat otomatis menyapa pesan pelanggan.

Terhubung dengan cepat kepada para pelanggan adalah keunggulan dari WhatsApp Business.

5. Labeling pelanggan untuk mempermudah mengirim pesan broadcast

Dengan WhatsApp Business, pebisnis dapat memanfaatkan fitur “label” untuk melakukan segmentasi pada pesan pelanggan sehingga memudahkan mengirimkan broadcast pesan secara cepat sehingga lebih efektif.

6. Bagikan konten yang menarik

Memberikan konten yang bermanfaat dan relevan salah satu daya tarik pelanggan agar merasa mendapatkan nilai tambah dari hadirnya bisnismu.

Membagikan konten yang membuat nyaman pelanggan memerlukan teknik content marketing yang sesuai. Berikut ini tips content marketing menggunakan WhatsApp Business.

Tips Content Marketing menggunakan WhatsApp Business

Sebelum melakukan content marketing, baiknya tanyakan kesediaan kepada pelanggan apakah ingin berlangganan menerima pesan rutin atau tidak. Dengan begitu pelanggan akan merasa lebih dihargai.

Dikutip dari Messenger People Study 2018, di bawah ini beberapa tips yang bisa menjadi panduan untuk melakukan content marketing.

1. Waktu yang tepat mengirim pesan

Ketika membagikan konten, kita perlu menentukan waktu yang tepat. Hal ini penting untuk mendapatkan response pelanggan.

Berdasarkan penelitian ada 3 waktu yang tepat yaitu pagi hari pukul 07.00 – 09.00, saat pulang kantor pukul 17.00 – 18.30 atau malam hari waktu istirahat pukul 21.00 malam.

2. Hari terbaik untuk mengirim pesan

Hari Senin adalah waktu terbaik untuk membagikan konten berita, hari kamis atau pertengahan minggu cocok untuk membagikan tips dan terakhir hari sabtu merupakan hari yang baik untuk memberikan informasi penawaran khusus atau promosi untuk mengajak pelanggan berbelanja pada akhir pekan.

3. Gaya Komunikasi

95% perusahaan berkomunikasi di WhatsApp Business menggunakan bahasa yang informal dengan menggunakan emoji. Beberapa pengguna mengatakan lebih menyukai penggunaan emoji dalam percakapan mereka. Idealnya menggunakan emoji sebanyak 3-5 per pesan.

4. Pilih format konten

Format konten dibagi menjadi 2 tipe yaitu sosial media post dan newsletter. Format sosial media post, tentu tidak asing bagi kita seperti yang biasa dibagikan di sosial media Instagram dan Facebook, berupa gambar dilengkapi dengan teks singkat dan link untuk menuju ke halaman lanjutan dan fokus menyajikan satu topik informasi.

Berbeda dengan format newsletter, pesan berisi daftar bacaan dari beberapa topik berbeda dan setiap topiknya dilengkapi dengan link untuk menuju ke halaman web yang informasinya lebih lengkap.

Pilih format yang sesuai dengan karakteristik pelangganmu!

5. Panjang teks

Panjangnya teks berpengaruh pada ketertarikan seseorang dalam menerima informasi. Disarankan untuk tidak terlalu panjang menyampaikan informasi pada WhatsApp Business.

Pesan berisi konten marketing sebaiknya berupa pesan singkat maksimal 15 kata, untuk konten jualan baiknya dibuat lebih singkat sekitar 8 kata sedangkan untuk konten yang bersifat pemberitahuan tidak ada batasan maksimal kata, sampaikan seluruh informasi yang penting tetapi sebaiknya jangan terlalu panjang ya!


Demikian beberapa cara menggunakan fitur WhatsApp Business agar berbisnis semakin efektif sehingga mendapatkan peningkatan hasil penjualan yang lebih baik dari hari ke hari.

Gunakan WhatsApp Business secara bijak jangan berlebihan karena akan mengganggu pelangganmu.

Ikuti terus artikel bisnis menarik lainnya dari Agrego Commerce!

Photo by Magizh.com on Flickr

Referensi :

  • Madeleine Steup. Messenger Communication: 7 Hacks for Successful Content Marketing on WhatsApp & Co. Diambil 6 September 2021, dari https://www.messengerpeople.com
  • Prabhansh Jain. WhatsApp For Business: 7 Effective Tips to Sell Products and Increase Your Sales. Diambil 8 September 2021, dari https://www.wati.io/
  • Mark Quadros. The Definitive Guide to Using WhatsApp for Business in 2021. Diambil 6 September 2021, dari https://www.ecwid.com/blog

LEAVE A COMMENT