fbpx

Cara Mudah dan Gratis Jualan Produk di Instagram

Post by rifda,

Instagram menjadi sosial media yang populer di seluruh dunia dan juga di Indonesia karena penggunanya dari Indonesia sebesar 29.8% dari populasi di Indonesia atau sebesar 82.320.000 jiwa (berdasarkan data dari napoleoncat.com pada Januari 2021). Potensi penggunanya yang besar menjadi salah satu media promosi dan berjualan yang efektif karena bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Jualan produk di Instagram gratis alias tidak dikenakan biaya tapi kamu perlu memahami cara berjualan produk di Instagram.

Apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk berjualan di Instagram?

1. Gunakan akun tipe “Business”

Instagram memiliki 3 tipe akun yaitu personal, creator dan business. Sebagai penjual, kamu sebaiknya memilih akun tipe “business”. Dengan menggunakan akun tipe “business”, calon pelanggan akan mudah mengenali akun profil bisnismu.

Keunggulan akun tipe “business” lainnya kamu bisa menggunakan fitur yang disediakan Instagram untuk memaksimalkan pemasaran dan penjualan produk. Fitur-fitur ini hanya dapat digunakan oleh tipe akun “business”. Apa saja fiturnya?

  • Insight: penjual dapat melihat berbagai insight seperti statistik follower, statistik konten, statistik produk dan statistik lainnya.
  • Reply instant: memudahkan penjual untuk menjawab pesan dari pelanggan atau calon pelanggan.
  • FAQ (Frequently Asked Question): membantu penjual menjawab pesan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.
  • Instagram shopping: memudahkan penjual untuk membuat katalog produk lewat foto dan video.
  • Instagram ads: memasang iklan berbayar di instagram untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.

2. Buat profil yang menarik

Profil instagram adalah halaman awal yang pertama kali orang-orang akan lihat dan nilai tentang bisnismu. Dari halaman profil biasanya mereka akan memutuskan tertarik untuk mengikuti akun bisnismu atau tidak. Pastikan profil yang kamu tampilkan sudah lengkap, jelas dan menarik untuk membangun kepercayaan calon pelanggan dan membuat calon pelanggan bersedia mengikuti akun bisnismu.

Pada profil Instagram terdapat beberapa informasi yang perlu dilengkapi di antaranya,

  • Informasi kontak berupa foto profil yang bisa kamu unggah dengan logo bisnismu, bio untuk menjelaskan tentang bisnismu (dibatasi hanya 150 karakter), email bisnismu, nomor telepon yang dapat merespon dengan cepat pesan dari pelanggan, alamat link website (bisa berupa link website online shop atau marketplace yang memudahkan pelangganmu untuk bertransaksi)
  • Informasi bisnis yaitu kategori bisnis yang menggambarkan bisnismu. Kamu bisa menambahkan tombol yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi di akunmu seperti order food, book now atau reserve.

3. Koneksikan kiriman (Feed Post) dari akun bisnis Instagram dengan akun media sosial lainnya

Instagram memiliki fitur mengirim kiriman (feed post) untuk dibagikan sekaligus ke banyak akun media sosial seperti Facebook, Twitter dan Tumblr. Penjual akhirnya tidak repot untuk membagikan kiriman ke sosial media satu per satu. Penjual bisa memanfaatkan fitur ini agar efektif dalam memasarkan produknya dan bisa menjangkau banyak pelanggan dari beragam sosial media.

4. Perbanyak pengikut (followers)

Memiliki pengikut (followers) penting untuk sebuah akun bisnis karena membuat calon pelanggan lebih percaya dengan keberadaan bisnis kita. Sebagai penjual, kita bisa mengetahui apa yang sedang diminati oleh pengikut kita.

Dilansir dari laman marketingcharts.com, beberapa alasan pengguna sosial media mengikuti sebuah akun brand yaitu sebanyak 40% ingin mendapatkan informasi promosi atau diskon, 40% lainnya ingin mendapatkan hiburan, 34% untuk pembelajaran dan 32% untuk mendapatkan inspirasi. Berdasarkan riset tersebut yang perlu dilakukan untuk memperbanyak pengikut diantaranya

a. Buat konten yang menarik
  1. Buat konten menggunakan fitur kiriman (post feed), story, reels dan igtv
  2. Variasikan kontenmu dengan hal yang menghibur, mengedukasi dan menginspirasi. Untuk di awal sebaiknya jangan terlalu banyak membagikan konten jualanmu karena akan mengganggu followersmu
  3. Perhatikan kualitas konten seperti foto yang harus berkualitas bagus, desain yang kekinian dan caption yang menarik dan informatif
  4. Berikan informasi promo, diskon, dan tutorial menggunakan produk atau informasi peluncuran produk terbaru bisnismu kepada pengikut
b. Posting secara rutin dan terjadwal

Membagikan konten perlu dilakukan secara rutin dan terjadwal agar selalu terhubung dengan pelanggan dengan informasi yang up-to-date. Dikutip dari web sproutsocial.com, untuk platform Instagram, waktu terbaik untuk membagikan konten adalah hari Selasa pukul 11.00 – 14.00 dan Senin hingga Jumat pukul 11.00, sedangkan hari yang tidak disarankan adalah hari minggu.

c. Gunakan hashtag

Dikutip dari web marketingcharts.com, sebanyak 25% pengguna tertarik mengikuti sebuah akun bersumber dari hashtag. Untuk itu kita perlu menambahkan hashtag pada setiap kiriman (post feed) yang akan dibagikan. Selain itu hashtag juga berguna untuk memudahkan pengguna menemukan bisnis kita atau produk yang kita jual.

Kita tidak bisa berlebihan menggunakan hashtag karena Instagram membatasi penggunaan hashtag di setiap kiriman maksimum sebanyak 30. Menurut riset menggunakan 10 hashtag di setiap kiriman memberikan hasil yang memuaskan.

Masih banyak lagi tips lain menggunakan hashtag yang tepat dan efektif, tunggu di artikel selanjutnya ya!

d. Ajak teman, saudara atau tetanggamu untuk follow akun bisnismu

Kabarkan saudara, teman atau tetanggamu tentang bisnis yang kamu jalani dan ajak mereka untuk mengikuti akun Instagram bisnismu. Berikan mereka kesan yang baik pada kirimanmu (feed post) agar mereka nyaman dengan kiriman yang kamu bagikan.

e. Mulai lebih dulu follow atau mengikuti akun calon pelanggan

Cari akun bisnis yang serupa dengan bisnismu kemudian follow beberapa followers dari akun bisnis tersebut. Biasanya followers di bisnis yang serupa memiliki minat yang sama dengan produkmu sehingga mereka akan dengan senang hati follow back akun Instagram bisnismu.


Sekian dulu penjelasan cara yang perlu dilakukan untuk berjualan di Instagram secara gratis. Selanjutnya Agrego Commerce akan membagikan topik lainnya tentang Instagram Marketing! Ikuti terus artikel dari kami ya hanya di https://agrego.id/blog

Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

3 thoughts on “Cara Mudah dan Gratis Jualan Produk di Instagram
  • Artikel yang sangat menarik, karena banyak sekali pengguna instagram yang belum tahu bagaimana cara berjualan di instagram, semoga dengan adanya artikel ini banyak pengguna instagram yang termotivasi

    • rifda

      Amiin semoga banyak yang termotivasi untuk mulai berjualan di instagram. Terima kasih Hamzah atas komentar positifnya.

LEAVE A COMMENT