Cara Sukses Bisnis Kopi Kenangan dari Edward Tirtanata dan James Prananto
Post by rifda,
Kopi Kenangan adalah salah satu brand minuman kopi buatan anak muda Indonesia. Di tangan Edward Tirtanata dan James Prananto selaku founder, Kopi Kenangan menjadi brand kopi populer dan telah dinikmati masyarakat luas.
Sejak gerai pertamanya dibuka tahun 2017 hingga kini, Kopi Kenangan telah menjual 30 juta kopi di tahun 2020, memiliki 3.000 karyawan dan 400 gerai di 26 kota di Indonesia dan diperkirakan menghasilkan omset milyaran rupiah.
Pertumbuhan bisnis Kopi Kenangan yang dapat dicapai dalam waktu singkat membawa Edward dan James masuk dalam daftar 30 Under Forbes Asia di tahun 2019.
Pencapaian yang diraih saat ini oleh Kopi Kenangan tidaklah instan. Dalam menjalani bisnis ini para founder telah melewati banyak hal yang tidak mudah sehingga banyak pengalaman mereka yang bisa menjadi pelajaran dan inspirasi untuk kita para pebisnis.
Kami merangkum dari berbagai sumber cara sukses berbisnis dari Edward dan James dalam membangun bisnis Kopi Kenangan, yuk simak!
Cara sukses berbisnis dari Edward dan James :
1. Menawarkan solusi dari sebuah masalah.
Sebagai penikmat kopi, Edward tidak menemukan gerai kopi yang menyajikan kopi yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kemudian Edward memulai bisnis Kopi Kenangan dengan pengalaman bisnis yang terdahulu di bidang yang sama yaitu Food & Beverage (F&B).
Benar saja, hadirnya Kopi Kenangan dirasakan oleh masyarakat sebagai kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau, hingga diminati sampai saat ini.
2. Keberanian
Keberanian Edward dan James memulai bisnis Kopi Kenangan bermodalkan hasil patungan sebesar 150 juta untuk membuka gerai pertamanya di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan.
Saat itu ada 3 gerai kopi lainnya yang sudah lebih dulu menjadi pemain lama di industri kopi, tetapi hal tersebut tidak membuat mereka menjadi ragu untuk memulai.
Edward tetap percaya diri dengan salah satu kopi racikan andalannya, Kopi Kenangan Mantan. Di hari pertamanya Kopi Kenangan telah menjual kopi sebanyak 700 gelas!
3. Branding yang kuat dan mengutamakan Kualitas
Edward menamai bisnisnya “Kopi Kenangan” karena kata kenangan memiliki arti yang mendalam dan bertujuan agar customer merasa relevan dengan pengalaman mereka, dikutip dari Kumparan (04/2020). Kopi Kenangan menjadi brand yang berhasil meraih penghargaan bergengsi World Branding Awards yang dinilai berdasarkan 3 aspek yaitu penilaian merek, riset pasar konsumen dan pemungutan suara online publik.
Selain sukses dengan brandingnya, Edward tak lupa tetap mengutamakan kualitas produknya. Kopi Kenangan dibuat dengan menggunakan mesin kopi terbaik asal Italia, satu-satunya brand kopi di Indonesia yang menggunakan mesin tersebut. Bahan baku yang dipakai diambil dari kopi terbaik dan susu kualitas premium dari Indonesia sehingga rasanya berkualitas dan tidak kalah dari brand kopi lainnya.
5. Harga yang terjangkau
Harga menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli sesuatu. Kopi Kenangan menawarkan kopi kualitas terbaik dan harga yang ramah kantong berkisar 18 ribu – 42 ribu. Inilah yang membuat Kopi Kenangan berbeda dari brand kopi lainnya sehingga bisa dinikmati banyak kalangan.
4. Kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan
Perkembangan terjadi sangat cepat. Dalam berbisnis perlu memiliki kemampuan beradaptasi pada setiap perubahan serta mengambil langkah yang cepat dan tepat.
Salah satu langkah yang diambil Kopi Kenangan merespon perubahan adalah memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan meningkatkan omset ke level yang lebih baik.
5. Memanfaatkan teknologi
Edward dan James juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan kepada para pelanggannya dengan mengembangkan mobile apps untuk mempermudah pemesanan.
Pelanggan dapat melakukan pesanan melalui aplikasi dan mengambil pesanannya di gerai, tujuannya agar tak ada lagi penumpukan antrian saat rush hour .
Selain itu, dengan masuknya Kopi Kenangan ke ranah digital, akan mempermudah mengetahui minat pelanggan untuk berinovasi, memberikan promo dan loyalty kepada pelanggan.
6. Tidak berhenti berinovasi
Setelah sukses dengan bisnis kopi, Kopi Kenangan tidak hanya berhenti pada satu produk tapi mengembangkan bisnis lainnya yaitu produk roti dan ayam dengan nama brand “Cerita Roti” dan “Ayam Chigo”. Brand tersebut masih di bawah naungan perusahaan yang sama dengan Kopi Kenangan.
Hadirnya produk tersebut harapannya agar pelanggan tidak jenuh dan bisa selalu dekat dengan pelanggan dengan menawarkan beragam jenis produk.
7. Mengutamakan pelanggan
Dikutip dari Kumparan (04/2020), Menurut Edward terdapat 3 pihak yang diprioritaskan dalam bisnis ini, urutannya adalah pelanggan, karyawan dan investor. Berdasarkan pengalamannya, Kopi Kenangan bisa berkembang pesat karena mengutamakan pelanggan dan karyawan, sebelum investor. Sehingga pelayanan yang berorientasi terhadap pelanggan adalah nomor satu.
Demikian, cara sukses yang dibagikan oleh Edward dan James dalam mengembangkan bisnis Kopi Kenangan. Semoga Bermanfaat!
Baca artikel dan tips seputar bisnis lainnya di https://agrego.id/blog
Sumber gambar : https://www.liputan6.com
Referensi :
- Kopi Kenangan. Diambil 20 Agustus 2021, dari https://kopikenangan.com/about
- Kumparan. Mengenal Edward Tirtanata Bos Kopi Kenangan yang digaji Rp 1 hingga corona usai. Diambil 20 Agustus 2021, dari https://kumparan.com
- Entrepreneur Bisnis. Yuk tiru cara sukses bisnis kopi kenangan. Diambil 20 Agustus 2021, dari https://entrepreneur.bisnis.com
- Astra Life. Cerita Pemilik Kopi Kenangan Edward Tirtanata Melawan Dominasi Kopi Internasional. Diambil 20 Agustus 2021, dari https://ilovelife.co.id/blog
- Detik.com. Bos Kopi Kenangan blak-blakan soal bisnis kopi digital di Indonesia. Diambil 20 Agustus 2021, dari https://inet.detik.com
- Gatra. Kopi Kenangan Siapkan Aplikasi Pasang ADiambil 21 Agustus 2021, dari https://www.gatra.com